Tips Merawat Baterai Laptop

Bagi pengguna laptop pasti selalu mengingikan agar baterainya awet dan tahan lama karena merupakan salah satu komponen penting. Meskipun sebenarnya tidak mungkin baterai laptop akan berfungsi normal selamanya karena cepat atau lambat baterai tetap akan rusak juga. Tapi tidak ada salah jika anda dapat memperpanjang masa baterai laptop. Apalagi jika tidak dirawat biasanya baterai sering terjadi “Consider Replacing Your Battery” jika terjadi demikian akan membutuhkan penanganan khusus.

Berikut ini beberapa tips merawat baterai laptop agar lebih awet:
  1. Jangan melepas baterai laptop saat dipakai/ menggunakan laptop tanpa baterai karena dapat meyebabkan kerusakan laptop jika aliran listrik tiba-tiba padam. Sebaiknya gunakan Cooling Fan saat ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama.
  2. Lepaskan baterai saat menyimpan laptop dalam waktu lama, untuk mencegah korosi baterai dengan komponen pada laptop. Sebelum melepas baterai, usahakan daya baterai tinggal setengahnya atau 50 persen. Simpanlah baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering.
  3. Hindari multitasking yang berlebihan, sebab memberikan perintah berlebihan pada laptop akan membuat baterai laptop cepat habis. Lebih baik menutup aplikasi yang tidak diperlukan.
  4. Atur setelan penggunaan daya baterai pada mode normal, agar memperpanjang usia baterai pada laptop anda.
  5. Jangan mencharge baterai terlalu lama karena baterai mempunyai limit pengisian, jika terlalu lama mengisi maka akan melampaui batas hal ini yang dapat merusak baterai. Matikan supply listrik ke baterai jika indicator di baterai sudah menunjukakan tanda penuh.
  6. Hindarilah suhu ekstrim, baik itu suhu yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin.
  7. Jangan menggunakan laptop di kasur, karpet, dan meja kaca karena panas yang dikeluarkan laptop tidak dapat diserap sehingga sirkulasi tidak bisa berjalan dengan baik.
  8. Jangan biarkan baterai sampai kosong, karena jika terlalu sering akan mengakibatkan sel-sel baterai akan cepat lemah. 


Demikian tadi beberapa langkah untuk memperpanjang usia baterai, dan anda tidak terlalu cepat membeli baterai baru mengingat harga baterai saat ini tidak murah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Baterai Laptop"

Post a Comment