Cara Merawat Baterai Handphone agar Tidak Melembung

Semakin lama usia barang maka akan muncul kerusakan, seperti halnya Handphone yang lambat laun bermasalah dengan batrei. Banyak dari anda para pengguna gadget mengeluhkan kualitas batrei handphone setelah beberapa tahun pemakai.Sebenarnya untuk beberapa kasus, hal itu bukan karena kualitas batrei tersebut, namun karena kesalahan/ kelalaian yang ditimbulkan pengguna hp tersebut.

Padahal batrei adalah komponen tambahan yang paling penting, tanpa batrei kita tidak bisa menyalakan hp dan tidak dapat menghubungi orang lain saat kondisi mendesak, tiba-tiba batrei anda menjadi drop, bahkan sampai melembung. Untuk itu saya akan memberikan sedikit tips merawat batrei hp anda agar lebih awet.
  1. Matikan Handphone, ketika anda mengisi baterai sebaiknya hp dimatikan. Jika anda mengaktifkan hp ataupun data transfer selama charging, kemungkinan pengisian daya baterai tidak akan pernah maksimal dan lama, karena selama hp aktif, konsumsi daya listriknya juga tinggi, karena hp dipaksa untuk mengkonsumsi listrik. Apalagi jika waktu pengisian, anda menggunakanya untuk berkomunikasi, chatting maupun bermain game. Jika itu dilakukan kondisi baterai akan cepat drop dan lama-lama akan melembung.
  2. Jangan Sering Isi Baterai. Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan pengisian baterai, usahakan 1 hari sekali dan pengisian dilakukan bila baterai benar-benar lemah. Perlu anda ketahui, bahwa baterai memiliki lifetime (usia pakai) sekitar 400-500 kali charge sebab lambat laun sel-sel yang ada di baterai rusak.
  3. Jangan Charging di Mobil, apabila anda melakukan pengisian baterai melalui aliran listrik dari kendaraan/mobil, hal itu berpotensi terhadap terjadinya fluktuasi tegangan akibat mati dan hidupnya mesin yang dapat mengakibatkan umur baterai tidak awet. Jadi, lebih baik melakukan pengisiap dari listrik rumah (PLN).
  4. Segera Cabut, jangan terlalu lama membiarkan baterai anda dalam posisi charging bila sudah penuh. Hal itu untuk mengurangi daya konsumsi listrik yang berlebihan pada hp anda, yang kadangkala membuat hp terasa panas. Jika aktifitas komunikasi tidak ingin terganggu, Anda bisa menggunakan Battery Charge Controller, sebuah komponen yang dipasang didalam baterai untuk menghentikan proses charging jika baterai penuh.karena kadang kita lupa mencabut charger saat charging hingga pagi hari.
  5. Jauhkan Dari Benda yang dapat merusak baterai, Tindakan lain yang bisa memperpanjang usia baterai adalah dengan menjauhkan baterai dari panas dan dingin yang ekstrim serta benda yang terbuat dari magnet, misalnya komputer dan lain-lain. Letakkan hp di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah.
  6. Setting/ atur dan matikan fitur maupun aplikasi, saat menggunakan hp maupun sebelum charging sebaiknya matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan seperti bluetooth, infrared. Atur backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja. dan jangan terlalu sering digunakan untuk game atau MP3 karena menyebabkan baterai cepat habis dan panas.

Demikian tips dari saya, semoga dapat membantu membuat baterai handphone anda menjadi lebih awet. Terima kasih sudah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Merawat Baterai Handphone agar Tidak Melembung"