Membuat File PDF Menggunakan CutePDF Writer

Semakin maju teknologi, semakin mudah pula kita menggunakannya. Seperti halnya yang beredar diinternet sebuah file berformat PDF sebagai media tulis. Banyak pengguna internet diberbagai dunia yang menggunakan Portable Document Format (PDF) dan sudah menjadi dokumen standard dalam hal keamanan dan dapat diandalkan di seluruh dunia. File yang berformat PDF biasanya dokumen yang disertakan dalam email untuk kelengkapan data.

Banyak software yang tersedia secara gratis untuk menghasilkan dokumen dalam format PDF tersebut. Jika anda hanya ingin menghasilkan dari Word, Excel dan sejenisnya, maka cukup menggunakan OpenOffice karena semua aplikasinya sudah menyertakan fasilitas untuk menyimpan data dalam format PDF, tapi jika anda ingin menghasilkan document dari aplikasi lain, seperti pengolah vektor, gambar, web site dan lainnya maka anda perlu menggunakan fasilitas print langsung ke format PDF.

Aplikasi yang dapat membantu anda dalam mengubah beberapa file diatas ke PDF dengan menggunakan CutePDF Writer, karena dapat menghasilkan file berformat PDF dengan mudah. CutePDF ini bersifat gratis, berlinsensi free untuk dan komersial. Agar dapat menghasilkan file pdf, CutePDF memerlukan PS2PDF converter seperti Ghostscript. Disini CutePDF Writer akan bekerja sebagai printer tetapi hasil printernya akan berbentuk sebuah file PDF.

Keuntungan membuat file PDF:
  1. File PDF dapat dibuka dan dibaca dengan PDF reader gratis
  2. Tata letak dokumen, font, halaman akan static,
  3. Pengguna tidak harus memiliki perangkat lunak seperti MS Word, Excel atau PowerPoint,
  4. File bisa diprotect dari perihal pengeditan, menyalin, dan proses print.


Komponen agar dapat membuat PDF dengan CutePDF Writer, yaitu program CutePDF Writer (CuteWriter.exe) dan file converter sebagai pendukung (converter.exe).

Langkah pertama install converter.exe (untuk windows vista/7/8 gunakan "Run As Administrator"), setelah selesai kemudian install CuteWriter.exe, setelah semua terinstall maka CutePDF Writer Printer akan terlihat di Printer.

Cara menggunakannya, buka dokumen yang akan di print menggunakan aplikasi document tersebut, kemudian pilih print dan ganti printer dengan CutePDF Writer pinter.
Klik OK maka akan muncul windows baru untuk menyimpan File PDF yang akan dibuat. setelah selesai buka windows explorer dan cari lokasi tempat file PDF tadi disimpan.

Terkadang dalam MS Word dan MS PowerPoint memiliki resolusi image dan gambar yang besar, hal ini akan mengakibatkan file PDF yang dibuat akan memiliki kapasitas yang besar. Jadi anda perlu mengecilkan resolusi image atau gambar yang ada di MS Word atau MS PowerPoint agar file PDF nanti menjadi kecil. Berikut cara untuk mengecilkan resolusi gambar:

Klik image atau gambar lalu pilih format pada picture Tools, dan pilih Compress Pictures
Kemudian Akan muncul kotak dialog, lalu klik options
Setting sesuai keinginan anda
Kemudian klik OK, maka ukuran atau besar dokumen anda akan berkurang dan siap dijadikan file PDF.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Membuat File PDF Menggunakan CutePDF Writer"