Tips Memilih Spek Minimum Untuk Game pada PC/ Laptop

Buat anda pecinta game namun tidak punya bujet besar untuk membeli spek PC yang tinggi untuk menunjang game favorit anda, disini saya mencoba memberikan tips memilih spek PC/ laptop untuk game. Jika anda salah membeli atau mencari spek hardware yang tidak sesuai maka sama saja anda membelinya untuk menghiasi PC/ laptop anda. Bagi anda yang tetap memaksakan ingin membeli spek minimum dengan kualitas yang mumpuni  tapi dengan bujet yang pas-pasan, berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan:



Prosessor + Motherboard

Pilihlah yang sudah dual core. Prosessor dengan inti dua (dual core) akan menghasilkan kecepatan Clock yang mumpuni. Apalagi harga prosessor dual core saat ini mudah dijangkau.
 
Jika anda ingin meningkatkan Clock speed dari prosessor, maka overclocking perlu untuk dilakukan. Syaratnya anda harus berhati-hati, dan disarankan untuk yang sudah biasa/ ahli. Untuk seri dual core, Intel memiliki Intel seri Pentium D, Intel dual core, atau Intel Core 2 Duo. Atau setingkat diatasnya yang lebih bagus tapi mahal yaitu Intel core 2 Extreme, intel core 2 Quad, core i3, dll. Sedangkan untuk AMD, minimum untuk dual corenya adalah AMD Athlon 64 X2, atau AMD FX. Setingkat diatasnya ada AMD Turion atau Phenom. 

Bagi pengguna Laptop, dengan melihat spek Prosessor diatas mungkin sudah bisa buat acuan/ panduan, tapi buat pengguna PC bisa lebih selektif lagi yaitu dengan melihat Motherboard. Motherboard harus mempunyai chipset yang support sesuai dengan prosessornya. Komponen chipset yang pas, akan mengurangi beban kerja si prosessor.



Kartu Grafis (VGA)

Kartu grafis juga merupakan salah satu komponen yang sangat vital bagi para gamers. Kartu grafis dapat mengambil alih beban kerja yang seharusnya ditangani prosessor. Bahkan anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli prosessor dengan spek standar, tapi dengan jenis kartu grafis yang tinggi. Biasanya tiap game mempunyai patokan spek minimum kartu grafis yang beda-beda. Untuk ATI bisa pilih ATI 9250 128 MB, Radeon X1600, atau Radeon HD 3200 256 MB. Dan untuk nVidia bisa pilih nVidia Ge force 6150, GeForce FX 5500 256 MB, atau nVidia GeForce 7600. Atau pilih sendiri yang setingkat.


Memori

Semakin besar memori akan membuat game yang anda mainkan semakin lancar tanpa tersendat-sendat. Sekarang ini, RAM (Random Access Memory) sebesar 1 GB DDR2 sepertinya tak akan membebani kantong, dan memang di label game-game tingkat menengah sering dicantumkan memori minimum adalah 1 GB. Anda juga bisa memasang dua buah RAM DDR2 512 MB,  bahkan sekeping RAM 512 MB pun bisa tapi sangat minim.

Pada dasarnya hanya 3 komponen diatas yang sangat vital untuk game. Komponen lain hanyalah sebagai pelengkap, seperti harddisk, kamu bisa pilih minimum 80 GB SATA 7200rpm. Sedangkan untuk layar masih bisa menggunakan CRT atau gunakan LCD jika ingin lebih jernih dan kantong memang masih mencukupi. Semakin lebar layar akan semakin puas anda bermain game. Bagi para pengguna PC, bisa pilih speaker yang mumpuni agar suaranya bisa menggelegar seperti nyata dan agar tidak sia-sia jika hanya memanjakan mata saja.

Semoga tips diatas dapat memberikan reverensi bagi anda pecinta game. Sekian dari saya dan terima kasih sudah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Memilih Spek Minimum Untuk Game pada PC/ Laptop"