Menguji Kecepatan Write speed dan Read speed USB Flashdisk

Ketika anda membeli sebuah perangkat keras computer, seperti Memori, Harddisk, CPU dan lain-lain, pasti anda mencari tau terlebih dahulu tentang kecepatan serta kinerja komponen tersebut. Harddisk atau SSD drive saat ini sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang begitu besar dan begitu juga dengan kecepatan menulis dan membacanya (Write speed dan Read Speed). Bukan hanya perangkat diatas tadi yang mungkin juga ingin anda ketahui, karena saat ini penyimpanan yang paling umum adalah USB Flashdisk.

Masih banyak dari anda yang kurang begitu memperdulikan tentang kecepatan menulis dan membaca sebuah USB Flashdisk, namun lebih mementing kapasitas penyimpanannya saja. Kapasitas penyimpanan sebuah USB flashdisk saat ini terus meningkat, jika anda membeli sebuah USB Flashdisk dengan kapasitas tinggi sebesar 64GB namun kecepatan membaca dan menulis-nya lambat, hal ini akan memakan waktu yang lama untuk memuat suatu file yang besar kedalamnya, bukan hanya membuang waktu dan uang, tapi bisa membuat frustrasi dan bias jadi anda mengira USB Flashdisk tersebut terkena virus.

Bagi anda yang sudah mempunyai USB Flashdisk dan ingin mengetahui kinerja atau kecepatan menulis dan membaca (R/W) nya, berikut ini saya akan memberikan review beberapa perangkat lunak yang akan membantu anda untuk mengetahuinya.

USBDeview

USBDeview merupakan utilitas portabel buatan Nirsoft yang memungkinkan anda untuk menghapus daftar dan perangkat USB yang sebelumnya terpasang pada komputer anda. Fitur lainnya yaitu terdapat pilihan untuk benhmark flash drive dan opsi untuk mempublikasikan hasil Kecepatan Tes ke halaman web Nirsoft untuk melihat perbandingan.

SpeedOut

SpeedOut merupakan alat kecil, sederhana dan portabel yang dapat dengan cepat mengukur kecepatan menulis dan membaca flash drive anda. Program ini menjalankan tes pada tingkat rendah (perlu dijalankan sebagai admin) yang berarti nilai tidak terpengaruh oleh sistem file drive. Cukup dengan memilih USB drive anda dari drop down, jika anda mempunyai lebih dari satu drive usb, dan SpeedOut akan mendeteksi dan mengukur kecepatan menulis dan membaca semua drive usb tersebut, kemudian menampilkan nilai rata-rata untuk masing-masing. Skor dapat disimpan maupun disalin dengan mengklik kanan pada judul bar. SpeedOut ini tidak akan merusak file dan tikak ada file yang ditimpa dan flash drive tidak perlu diformat untuk menjalankan tes, jadi software ini sangat aman untuk digunakan.

USB Flash Benchmark

Merupakan program pengujian kecepatan yang mudah dan sederhana pada USB flash drive program ini akan menjalankan pengetesan secara lengkap untuk kecepatan dari potongan 1K sampai dengan 16MB, dan menampilkan hasilnya dalam grafik.

Flash Drive / Card Tester

Flash Drive / Kartu Tester lebih dari alat untuk memeriksa removable USB flash drive Anda, kartu Compact Flash atau kartu SD dll. Bukan hanya untuk membaca dan menulis kesalahan, tetapi juga menunjukkan kecepatan drive saat sedang diuji atau menjalankan tes pada aplikasi tersebut. Ini satu-satunya alat yang mampu melakukan tes membaca, menulis tes destruktif, atau membaca gabungan, menulis dan membandingkan tes. Hasilnya akan menunjukkan dipulihkan atau kerusakan dalam membaca dan menulis kesalahan bersama dengan kecepatan rata-rata akhir.

CrystalDiskMark

Alat untuk menguji kinerja hard drive, drive SSD dan juga USB flash drive. Ini juga alat yang kita gunakan untuk menguji disk RAM untuk kecepatan menulis dan membaca. Untuk pengujian USB flash drive sebaiknya menjatuhkan ukuran tes standar untuk 50MB atau 100MB dan mungkin jumlah lolos ke 1 atau mungkin 2, maka tidak akan mengambil begitu lama untuk menyelesaikan tes. Setelah memilih drive USB dari daftar drop down, anda dapat menjalankan semua 4 tes dengan mengklik semua atau pilih Sequential, 512K, 4K atau 4K QD32 (yang tidak benar-benar diperlukan untuk USB) tes untuk menjalankan secara individual. Versi portabel dan installer multibahasa tersedia.

Check Flash

Merupakan aplikasi memindai USB Flashdisk untuk kemungkinan terjadi kesalahan, tetapi juga menjalankan  tes kecepatan membaca dan menulis. Menggunakan jenis Access logis atau fisik memungkinkan flash drive menghapus, backup dan restore dan juga mengedit partisi.  Menjalankan aplikasi ini dengan "Use temporary file"  merupakan metode  non destruktif dan akan mengisi semua ruang yang tersisa pada drive dengan file sementara dan kemudian melakukan pemeriksaan kesalahan ketika sedang merekam membaca dan menulis kecepatan. Tes ini bisa memakan waktu cukup lama pada flash drive yang lebih besa.

Demikian tadi ulasan dari saya mengenai aplikasi penguji kecepatan menulis dan membaca pada USB Flashdisk, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menguji Kecepatan Write speed dan Read speed USB Flashdisk"