Cara Membuat Partisi Pada Flashdisk

Banyak dari anda mungkin belum mengetahui apa fungsi mempartisi flasdisk, padahal dengan mempartisi flashdisk mungkin bisa mengantisipasi dan mennyelamatkan beberapa file anda jika terkena mengalami kerusakan fatal karena virus dan mengharuskan format ulang. Saat membuat partisi format dengan NTFS (support windows 2000/2003/XP) bukan FAT32. Jika dalam kondisi normal, Flashdisk USB dideteksi oleh WindowsXP/Vista sebagai Removable Media, seperti CD dan DVD yang bisa dipasang dan dilepas tanpa mempengaruhi system komputer, karena itulah Windows tidak akan menampilkan lebih dari satu partisi Flashdisk.

Pengguna juga tidak diberi pilihan untuk membuat partisi baru dalam Removable Media. Kesimpulannya, jika anda bisa membuat Windows mampu mendeteksi Flashdisk USB sebagai Fixed Drive seperti Harddisk, maka anda dapat membuat multi partisi dalam Flashdisk tersebut dan Windows secara otomatis juga akan dapat mendeteksi dan menampilkan partisi tersebut. Dalam melakukan proses ini, anda perlu membalik Removable Media Bit (RMB) dalam device USB. Inilah yang akan dideteksi Windows bahwa Flashdisk yang anda gunakan adalah Fixed Disk, bukan sebagai Removable Media lagi. Setelah proses pembalikan bit ini berhasil, anda dapat membuat partisi dalam Flashdisk USB.

Peringatan:
Tidak ada jaminan bahwa tool yang dipergunakan dalam cara ini dapat bekerja pada semua flashdisk dan mungkin akan menyebabkan flashdisk rusak. Silahkan backup terlebih dulu semua file anda. Hati-hati dalam menggunakannya, jika anda ragu sebaiknya jangan melakukannya karena resiko ditanggung anda sendiri.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Download Lexar BootIt
  2. Extrack filenya.
  3. Jalankan file > Pilih USB Drive dari daftar Devices, contohnya drive H:
  4. Klik tombol Flip Removable Bit. Tunggu sampai proses selesai.
  5. Eject dan colokkan kembali FlashDisk.
  6. Jalankan Disk Management Utility dengan Klik RUN,
  7. Ketikkan diskmgmt.msc > ENTER / OK.
  8. Klik kanan pada Flash Disk > Delete Partition.
  9. Klik Kanan lagi pada Flash Disk > Pilih New Partition.
  10. Ikuti wizardnya
  11. Format agar flasdisk dapat digunakan

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Partisi Pada Flashdisk"

Post a Comment