Mengenali Bad Sector dengan Error Checking Utility



Komputer anda terasa lambat/ lemot padahal anda sudah mengatur windows agar lebih optimal.  Jika terjadi pada komputer anda, berarti anda perlu memeriksa disk karena kemungkinan hardisk anda mempunyai bad sector. Windows XP telah menyediakan fitur error checking utility. Fitur ini dapat membantu mengenali bad sector pada sebuah hardisk. Jika hardisk anda termasuk versi lama, anda bisa menjalankannya tanpa repot-repot mencari utility untuk mendeteksi adanya bad sector. 

Saya sarankan pilih waktu menjalankan utility ini pada saat komputer tidak terpakai, seperti pada malam hari ketika anda telah menyelesaikan semua pekerjaan yang membutuhkan komputer. Hal ini dikarenakan proses scan disk akan memakan waktu yang cukup lama. Berikut langkah-langkah menjalankan error checking.
  1. Tutup semua file, karena data yang belum disimpan akan hilang. 
  2. Klik kanan pada icon My Computer lalu klik Explore. 
  3. Kemudian pada jendela Explorer, klik kanan pada salah satu drive harddisk yang ingin anda cari bad sector-nya > klik Properties. 
  4. Pada dialog box Proprerties > klik Tools
  5. Klik Check Now.
  6. Pada dialog Check Disk, tandai semua pilihan agar secara otomatis memperbaiki jika ada error pada system file dan scan untuk melakukan recovery bad sectors > klik Start.
  7. Kemudian akan muncul dialog box memberitahukan bahwa scan disk hanya dijalankan pada saat anda merestart komputer dan ditanyakan apakah akan menjalankan check disk ketika windows restart. Jika anda setuju dan ingin melanjutkan, tekan Yes lalu restart komputer anda.
  8. Ketika komputer start kembali, windows akan memulai proses scan disk. Biarkanlah proses berlangsung sampai selesai.
Itulah ulasan dari saya tentang mengenali Bad Sector pada harddisk, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenali Bad Sector dengan Error Checking Utility"

Post a Comment