Macam-macam cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala

Laptop lebih mudah dibawa kemana-mana daripada PC, namun apabila mengalami kerusakan seringkali kita tidak seberani jika membongkar PC yang mengalami kerusakan. Disamping cara pembongkarannya yang berbeda, komponen laptop cenderung lebih kecil sehingga akan berpotensi rusak bila kita tidak terbiasa memperbaiki laptop sendiri, terutama bagi orang-orang yang tidak faham dengan komponen laptop. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebab rusaknya laptop agar tidak langsung membongkarnya, karena siapa tahu kerusakannya dapat diperbaiki tanpa membongkar laptop. berikut penyebab laptop dan cara memperbaikinya:



Laptop mati total


Masalah ini sering kita jumpai, ketika anda mencolokan adapter ke laptop, lampu indikator di laptop tidak menyala, dan ketika anda menekan tombol power di laptop, tidak ada reaksi sama sekali. Laptop mati total tanpa suara, tanpa gambar, tidak ada lampu indikator. Coba anda test dulu kabel adapter (charger) laptop, kalau ternyata memang mati / rusak adaptor laptopnya, cukup ganti adaptor. Kalau adapter tidak ada masalah coba cek motherboard. Kalau sampai motherboard laptop yang rusak/ jebol, kemungkinan besar laptop tidak dapat diperbaiki. cara yang paling mudah adalah dengan melepas adapter dan batreinya lalu tekan power beberapa detik, kemudian pasangkan adapter tanpa batrei. jika cara ini tidak bisa berarti laptop anda benar-benar rusak parah.


Laptop Nyala langsung mati secara tiba-tiba

Laptop menyalakan tapi tidak ada gambar pada layar. Setelah beberapa detik laptop akan mati dengan sendirinya. Kemudian menyala dan mati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total. Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jenis kegagalan motherboard. Anda dapat mencoba reseating/ mengganti memori. Jika tetap tidak bisa, berarti kerusakan motherboard.


Laptop nyala tapi layar blank hitam

Ketika anda menyalakan laptop semua normal, lampu LED/ indikator di laptop nyala, suara kipas terdengar. Cara mudahnya adalah dengan mematikan dulu laptop anda, kemudian tekan tombol shift sebelah kiri dalam tempo 2x tekan per 1 detik sampai beberapa menit, kemudian nyalakan lagi laptop anda. Cara berikutnya anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru. Jika mengganti modul memori laptop tidak berpengaruh dalam memperbaiki masalah layar blank, coba lepas harddisknya, DVD drive, dll. Singkatnya, bongkar laptop secara total dan hanya pasang peralatan minimal dan coba nyalakan kembali, kalau layar laptop masih blank, kemungkinan besar kegagalan motherboard atau prosesor.


Laptop mati atau hang tiba-tiba

Laptop anda dapat menyala dan bisa digunakan seperti biasa. Tetapi setelah beberapa saat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika hal itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah dan kipas pendingin bekerja lebih keras dari biasanya. Ini biasanya terjadi karena modul pendingin tersumbat oleh debu dan laptop tidak bisa “bernafas” dengan benar. Laptop dimatikan atau macet karena prosesor (CPU) terlalu panas. caranya dengan membersihkan kipas pendingin dan heatsink pada laptop tersebut.



Semoga artikel tentang masalah laptop diatas dapat bermanfaat dan dapat membantu anda, karena artikel tersebut saya buat sesuai dengan pengalaman saya. Jika laptop benar-benar parah sebaiknya dibawa ke service laptop saja. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Macam-macam cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala"

  1. bagi yang ngerti elektronik enak, kalau yang tidak tau perlu dibawa ke tukang servis laptop ini...
    blower infrared

    ReplyDelete