Menampilkan/ Show Hidden File yang disembunyikan Virus shortcut

Sudah tidak asing lagi bagi anda para pengguna Windows untuk mengenal Virus Shortcut. Semua pasti pernah merasakan kerugian yang diakibatkan Virus Shortcut. Virus ini menampilkan Folder Shortcut dan beberapa file yang berada diluar folder harddisk maupun flashdisk. Sebagian dari anda pasti pernah mengalami kebingungan gara-gara file yang ada dalam komputer anda tiba-tiba menghilang.
Namun file tersebut tidak benar-benar hilang, melainkan disembunyikan oleh virus ini. Tanpa panjang lebar saya akan menjelaskan langkah untuk mengatasi hilangnya file anda, dengan kata lain menampilkan kembali file yang di hidden oleh virus shortcut. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka command prompt (cmd) dengan menekan Windows + R atau melalui Start > Run, lalu ketik cmd, seperti gambar berikut:
  2. Muncul tampilan command prompt seperti gambar berikut:
  3. Setelah command prompt terbuka, pilih drive mana yang akan anda perbaiki dengan mengetikkan cd/ lalu enter, kemudian ketik d: (jika file yang dihidden di drive d) maka command prompt akan mengarahkan anda ke direktori d.
  4. Jika cmd sudah mengarah ke direktori d, lalu ketikkan perintah sebagai berikut attrib –s –h *.* /S /D dan tekan enter.
  5. Setelah proses selesai dan file sudah muncul kembali, jangan lupa untuk menghapus semua file application virus yang berekstensi .exe

Berikut adalah keterangan perintah diatas: 
-s : Berfungsi untuk menghilangkan attrib tipe system file
-h : Untuk menghilangkan attrib tipe hidden file
*.* : Semua file/folder yang ada pada Harddisk/ Flashdisk
/s : Untuk memproses seluruh folder dan subfolder
/d : Untuk memproses folder

Demikian ulasan tentang Menampilkan/ Show Hidden File yang disembunyikan Virus shortcut, semoga berhasil dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menampilkan/ Show Hidden File yang disembunyikan Virus shortcut"