Produk-produk Google yang paling sering dipakai

Setelah kemarin saya memberikan informasi tentang cara mendaftar akun google adsense, sekarang saya akan memberikan beberapa tambahan pengetahuan berbagai macam produk google yang masih banyak tidak diketahui para pengguna google.


1. Google Translate
Google Translate adalah layanan yang disediakan oleh Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Kegunaanya jika suatu saat anda membutuhkan penerjemahan untuk tulisan anda google translate bisa membantu anda. Siapa tau anda ingin menjadi profesional blogging dan menulis artikel ke dalam bahasa lain tak ada salahnya anda gunakan google translate untuk membantu anda. Asal jangan lupa untuk mengecek ulang grammar dan style terjemahannya karena om google belum terlalu lancar berbahasa Indonesia.





2. Google Chrome

Google Chrome adalah browser open source besutan Google yang mulai meramaikan perang browser di internet saat ini. Alternatif lain jika anda ingin menggunakan browser yang powerfull. Kegunaanya sebagai browser untuk blogging anda.





3. Gmail

Gmail atau disebut Google Mail adalah layanan email gratis dari Google. Anda sudah pasti mengenal layanan email ini jika sudah pernah membuat akun Google karena semua produk Google terintegrasi dengan Gmail. Fitur Gmail yang sangat menarik adalah “conversation view” yang mirip thread pada forum-forum dan adanya fasilitas labeling dan filtering pada pesan-pesan di inbox anda. Tidak perlu khawatir karena Gmail menyediakan free storage sebesar 7 GB. Jika anda memiliki kantor atau organisasi yang ingin menggunakan Gmail sebagai layanan email bisa mencoba Google Apps. Kegunaanya sebagai layanan email client anda.




4. Blogger

Blogger adalah platform blogging terkenal yang telah diakuisisi oleh Goggle dari Pyra Labs. Pasti anda sudah cukup familiar dengan produk yang satu ini dengan domain belakang (dot)blogspot. Blogger menyediakan banyak fitur yang sudah dirancang untuk memudahkan anda dalam berblogging ria. Bahkan integrasi dengan Google Adsense dan Feedburner yang juga dibeli Google. Kegunaannya blogger bisa anda manfaatkan sebagai salah satu platform pendukung aktifitas blogging anda. Blogger sangat cocok sekali jika anda berniat memonetisasi blog anda dengan Google Adsense.




5. Youtube

Merasa perlu untuk menambahkan cuplikan video atau podcast pada blog anda, gunakan saja youtube untuk tempat menguploadnya. Youtube memang sudah menjadi bagian dari Google Inc. Jika anda memiliki akun google maka manfaatkan saja resource yang diberikan google ini secara cuma-cuma. Kegunaanya sebagai media hosting video yang ingin anda masukkan kedalam tulisan blog anda.




6. Google AdSense

Google AdSense adalah layanan periklanan google dengan sistem Pay-Per-Clickataupun AdSense for Search. Pemilik blog yang telah disepakati bisa memasang iklan unduk mendapatkan pemasukan dari setiap iklan yang di klik visitor dan tergantung kesepakatannya. Kegunaannya bisa menjadi salah satu cara untuk memonetisasi blog anda.





7.  Google Webmaster Tools

Google Webmaster adalah tool dari google untuk mensubmit, meningkatkan, statistik dan diagnosa situs. Google analytis termasuk kedalam jajaran google webmaster tools ini. Kegunaannya untuk menganalisa semua informasi yang terkait dengan blog anda baik trafik pengunjung, maupun analisa untuk keperluan SEO.



Itu semua adalah produk google yang sangat penting dan paling bayak dipakai oleh pengguna internet, namun dari sebagian itu masih banyak produk lainnya yang juga sangat luar biasa. Untuk melihat penjelasan dan cara menggunakan produk-produk diatas, akan saya jelaskan artikel selanjutnya. Semoga pengetahuan ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Produk-produk Google yang paling sering dipakai"

  1. hanya google yang paling mengerti...hehehe

    ReplyDelete
  2. google memiliki fasilitas yang lengkap, saya sangat suka. thank sudah memberi info

    ReplyDelete