Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mendeteksi Sinyal Wifi

Saat ini semakin banyak tersedia wifi dimana saja, baik itu di cafe maupun tempat umum lainya. Wifi memang benar-benar sangat membantu, tapi pernahkah anda saat mencari sinyal wifi tapi tidak terdeteksi laptop anda, padahal posisi wifi sudah ON dan lokasi terjangkau sinyal wifi tersebut. Hal semacam ini biasanya bermasalah pada para pengguna OS Windows 7, tapi jika menggunakan windows terbaru/ windows 10 terkadang hanya mampu menerima sinyal satu strip. Entah memang ada kekurangan dalam sistem windows atau laptopnya yang bermasalah. Disini saya akan memberikan langkah-langkah perbaikan jika sinyal wifi tidak terdeteksi laptop.
  1. Pastikan anda di area jangkauan wifi
  2. Wifi pada laptop anda pada posisi ON, tombol setiap laptop berbeda. Jika melalui control panel, tekan start menu/ gambar windows pojok bawah, lalu tekan control panel
  3. Pilih view menjadi small icons, lalu pilih Windows Mobility Center
  4. Selanjutnya tekan Turn Wireless ON
  5. Jika cara tersebut tidak berpengarus, maka anda harus masuk ke troubleshooting pada windows, caranya sama seperti diatas namun anda pilih network and sharing center/ langsung pilih troubleshooting bila sudah ada pilihannya.
  6. Setelah anda meng-klik troubleshooting, pilih network adapter dan tekan next sampai selesai.
  7. Kalau cara ini masih belum membantu, kita kelangkah berikutnya dengan Uninstal driver wifinya melalui Device Manager. Tekan Start/ gambar windows lalu klik kanan pada tulisan computer, pilih manage dan kemudian pilih device manager lalu uninstal.
     
  8. Saat muncul seperti gambar dibawah ini, jangan dicentang agar saat direfresh, komputer akan menginstal secara otomatis.
  9. Setelah berhasil di uninstal kemudian refresh device manager dengan klik kanan 2x lalu pilih scan for hardware changes. Wifi akan terinstal secara otomatis.

Sekian ulasan cara mengatasi laptop yang tidak mendeteksi sinyal wifi, semoga dapat membantu dan memberikan solusi kepada anda. Saya juga ucapkan terima kasih sudah berkunjung.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mendeteksi Sinyal Wifi"

  1. Artikel dan Blog ini sangat membantu saya, terima kasih

    ReplyDelete
  2. boleh juga dipraktekan, makasih tutorialnya ini min..
    tempat thinner

    ReplyDelete