Komputer Rusak karena Tidak di Shut Down

Shut down before you leave, itu adalah kata-kata yang tepat bagi para pengguna komputer yang mempunyai kebiasaan mematikan komputer tanpa shut down terlebih dahulu/ langsung cabut kabel, baterai, atau bahkan langsung menekan tombol power secara lama yang mengakibatkan komputer mati paksa. Kali ini saya akan berbagi akibat yang ditimbulkan jika pengguna komputer melakukan hal tersebut.

  • Registry akan menjadi rusak atau bahkan berantakan, karena pada saat anda shut down komputer sebenarnya melakukan proses pendeteksian file atau meregistrasi ulang komponen-komponen yang digunakan dan software maupun data yang anda instal ataupun anda hapus.Itulah yang akan mengakibatkan registry berantakan saat anda mematikan komputer karena komponen dan software tidak tersimpan dalam registry.
  • Rusaknya Power supply, sebab fungsi proses shut down atau dimatikannya komputer dengan normal, processor memberi perintah ke bios untuk menghentikan semua komponen, sehingga daya dan arus ikut dimatikan dengan normal. Jika proses itu dipaksa berhenti/ mati, lambat laun power supply akan ikut rusak.
  • Processor rusak bahkan gosong. hal ini karena saat shut down, kipas komputer bekerja dua kali lipat,j ika mematikan komputer secara paksa itu sama juga memaksa pendingin processor untuk bekerja tidak maksimal, kalau dibiarkan lama-lama akan membuat processor panas dan gosong
  • Hard Disk mengalami Bad Sector atau kerusakan pada silinder hardisk, mengingat fungsi hard disk sebagai penyimpan file, maka saat proses shut down, semua file yang sudah terjadi seharusnya tersimpan di hard disk tetapi karena komputer dipaksa mati, proses pennyimpanan hard disk menjadi tidak maksimal yang berdampak pada kerusakan pada silinder hard disk.
  • Memory/ RAM bisa rusak, sebab seharusnya system memory/ RAM dikosongkan dengan proses shut down agar saat komputer saat digunakan lagi menjadi segar dan ringan.

Semoga dengan adanya wawasan dari artikel ini, anda menjadi lebih bijak dalam menggunakan komputer, sebab jika anda memeksakan komputer mati tanpa prosedur yang benar, akan membuat laptop rusak dan mati. Ini aknan membuat anda menyesal, karena jika sampai mengganti komponen yang rusak membutuhkan biaya yang mahal. Sekian dan terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Komputer Rusak karena Tidak di Shut Down"

  1. jadi kalau tidak dipakai harus dishutdown ya min, kebiasaan di sleep soalnya hehe. thanks infonya....
    solder uap

    ReplyDelete