Cara Aman Ketika Menggunakan Wifi Publik

Semakin banyaknya tempat-tempat umum yang memberikan layanan WiFi, seperti WiFi corner, WiFi cafe dan tempat-tempat lainnya. Terkadang anda mendapati koneksi yang sangat pelan, namun teman yang berada di sebelah mampu mengakses situs penyedia layanan video tanpa buffer. Hal ini bisa jadi karena orang disebelah anda melakukan kecurangan WiFi, karena banyak tersedia tool seperti itu di internet. Biasanya digunakan untuk pemotongan jaringan ataupun mengakses komputer orang lain dalam satu jaringan. Anda tidak perlu kawatir sebab kejadian tersebut dapat dicegah dengan beberapa langkah. 

Turn Off Sharing
Fitur sharing adalah fitur yang memudahkan anda untuk berbagi file, berupa dokumen, musik ataupun gambar pada satu jaringan network. Ketika Anda sedang menggunakan jaringan WiFi, sebaiknya anda menonaktifkan sementara fitur ini, sebab akan membuat orang lain dapat melakukan akses pada file yang telah anda sharing. Untuk melakukan pengecekan sebuah folder anda share atau tidak pada Windows, silahkan klik kanan pilih Properties > Tab Security. Klik tombol edit untuk melakukan pengubahan.Tiap sistem operasi memiliki cara yang berbeda.

Terhubung Otomatis
Beberapa masalah terkadang tanpa anda sadari muncul dari otomatisasi terhubung, Misalnya saja mendapatkan password dari akun milik anda ataupun kegiatan lainnya yang tidak anda inginkan. Jadi pengaturan pada perangkat mobile atau Laptop harus anda atur kembali, agar fitur otomatis tidak berjalan tanpa persetujuan anda. Tetap jaga kewaspadaan ketika menemukan WiFi terbuka tanpa pengaman (gratis). Kemudahan anda melakukan akses internet sebanding dengan kemudahan orang lain melacak segala aktifitas anda pada jaringan tersebut. Anda dapat melakukan forget network, jika sudah pernah terhubung sebelumnya dengan WiFi tersebut.

Menggunakan VPN
Selain digunakan sebagai bypass proxy, VPN juga bisa menjadikan surfing internet tidak dikenali. Hal ini dikarenakan Proxy asli akan tertutupi dengan proxy dari VPN yang anda gunakan. Contohnya jika anda dari indonesia namun menggunakan proxy Amerika pada VPN, maka mesin akan mengenali anda dari Amerika.

Jaringan Terpercaya
Jika anda menggunakan internet banking atau belanja online, sebaiknya anda melakukan kegiatan tersebut dirumah atau pada jaringan terpercaya dan aman seperti kantor. Hal ini demi keamanan, karena mungkin saja ada orang lain yang juga sedang memantau kegiatan anda tanpa sepengetahuan anda. Anda dapat menggunakan fitur private browsing, selain itu lebih baik anda melakukan pembelanjaan pada situs yang menggunakan teknologi SSL encryption, karena dapat mengamankan data yang dikirimkan melalui layer aplikasi HTTP, LDAP ataupun POP3 yang biasanya ditandai dengan adanya HTTPS.

Memasang Software Keamanan
Ketika anda merasa tidak aman saat surfing di internet sebaiknya memasang software keamanan. Anda bisa mencari diinternet karena sekarang banyak antivirus yang anda jumpai yang mampu mengamankan komputer anda dari beberapa hal yang dapat merugikan anda.

Itulah tadi beberapa cara aman ketika menggunakan wifi publik, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Aman Ketika Menggunakan Wifi Publik"

Post a Comment